Deskripsi Jawaban Ujian Web

  1. Internet is a computer network consisting of a worldwide network of computer networks that use the TCP/IP network protocols to facilitate data transmission and exchange. (www.uk.ask.com/reference/dictionary).

“The Internet is a global network of computers. Every computer that is connected to the Internet is considered a part of that network. This means even your home computer. It’s all a matter of degrees, you connect to your ISP’s network, then your ISP connects to a larger network and so on. At the top of the tree is the high-capacity backbones, all of these interconnect at ‘Network Access Points’ ‘NAPs’ at important regions around the world. The entire Internet is based on agreements between these backbone providers who set in place all the fibre optics lines and other technical aspects of the Internet. The first high speed backbone was created by the ‘National Science Foundation’ in 1987”

(http://www.internet-guide.co.uk/what-is-the-internet.html)internet merupakan suatu media jaringan computer yang terconeksi ke seluruh dunia, adapun halyang harus diperhatikan untuk mencari informasi tersebut kita harus mengetahui keberadaan IP Address”

Internet juga merupakan suatu singkatan dari inter connecting network.

  

  1. Kompetisi antara Yahoo dan Google :

Yahoo dan google memang merupakan dua situs yang berperan dalam hal “search engine”. Hal tersebut yang memberikan dampak mengapa antara URL yahoo dan Google berkompetisi. Kelebihan yahoo selain memberikan fasilitas “search engine” yahoo juga memberikan fasilitas tambahan yang berupa fasilitas electronic mail (e-mail) yang memberikan daya tarik tersendiri dari URL yahoo ini, akan tetapi kelemahan URL yahoo selalu ditempati oleh iklan walaupun dicover begitu search engine ditampilkan. Alas an tersebut dikategorikan kedalam kelemahan URL yahoo karena menghambat proses pencarian dari costumer. Sebalknya URL google lebih difokuskan pada “search engine”nya sehingga lebih memudahkan dalam hal mencari sesuatu informasi yang diinginkan, akan tetapi karena lebih fokusnya di Search engine URL google tidak m,emberikan fasilitas mail (electronic-mail).

Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Stanford University [1], Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.
Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka – ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7 September 1998 di ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun itu.
Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture [2] yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.
Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta. [3]
Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.
Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. [4] Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka

  1. E-government merupakan singkatan dari electronic government atau biasa juga disebut dengan  e-gov, digital government,online government atau transformation government yang berfungsi sebagai teknologi informasi di suatu institusi pemerintah yang melayani suatu pemerintah daerah, bisnis dan lainnya.

(http://en.wikipedia.org/wiki/E-government)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: