Peran Adiponektin dalam Gangguan Metabolisme Lema

Pendahuluan
Obesitas merupakan suatu risiko utama untuk Penyakit Jantung Koroner (PJK). Individu yang obese memiliki peningkatan risiko sebesar 1.5 – 2.0 kali lipat terhadap PJK, dan antara 15 – 20% dari keseluruhan kasus PJK dapat dikaitkan dengan overweight dan obesitas.

Saat ini telah ditemukan suatu protein yang sangat berperan dalam penyakit kardiovaskular, yang dikenal dengan nama Adiponektin.

Apakah Adiponektin itu ?

Jaringan adiposa dahulu hanya diketahui berfungsi sebagai tempat penyimpanan kelebihan lemak, tetapi sekarang diketahui bahwa selain berfungsi sebagai penyimpan lemak, jaringan ini juga mampu mensintesis ratusan protein. Adiponektin merupakan protein yang berasal dari jaringan adiposa dan memiliki fungsi yang penting. Adiponektin akhir-akhir ini banyak menarik perhatian. Konsentrasi adiponektin menurun pada obesitas serta berhubungan erat dengan resistensi insulin.

Cara Kerja Adiponektin Dalam Metabolisme Lemak

Selain pengaruhnya terhadap metabolisme gula, adiponektin dapat juga mengatur kadar lemak dalam tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada hubungan yang berbanding terbalik antara adiponektin dengan konsentrasi trigliserida (TG) dan small dense LDL (sdLDL) serta hubungan yang berbanding lurus dengan kolesterol HDL (HDL-C). Kadar adiponektin yang lebih tinggi dinilai baik karena dapat mencegah terjadinya gangguan lemak/dislipidemia sehingga menurunkan risiko PJK.

Gambar-1. Kerja Adiponektin

 

PENUTUP

Banyak studi yang menunjukkan kegunaan adiponektin di dalam tubuh sebagai suatu penanda untuk sindrom metabolic. Penurunan adiponektin dalam plasma (hipoadiponektinemia) berhubungan dengan peningkatan indeks Massa Tubuh (peningkatan kejadian obesitas), penurunan sensitivitas insulin (peningkatan kejadian kencing manis), profil lemak yang tidak diinginkan dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Adiponektin merupakan indikator yang baik untuk memperkirakan terjadinya komplikasi dari sindrom metabolik.

DAFTAR PUSTAKA

  • Pischon T Rimm EB, Adiponectin: A Promising Marker for Cardiovascular Disease, Clin Chem 2006;52:797-799

  • Van der Vleuten GM, Van Tits, den Heijer M, Lemmers H, Stalenhoef AFH, and de Graaf J. Decreased Adiponectin Levels in Familial Combined

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: